Skip to main content

English Spenduta Literasi

Sekolah tidak bisa lepas dari Literasi.
Untuk program literasi yang kita laksanakan di English Class,  peserta didik membaca salah satu cerita berbahasa Inggris.
Kemudian, buatlah resume dari apa yang sudah dibaca, dengan meng-klik link di bawah ini
https://forms.gle/1oEh1tNpGHvo6gst5

Untuk bahan bacaan bisa klik link di bawah ini.
https://www.englishindo.com/2011/12/kumpulan-dongeng-bahasa-inggris-pilihan.html
https://www.sekolahbahasainggris.co.id/story-telling/


Berikut ini akan dijelaskan apa yang dimaksud dengan literasi (literacy)? Arti literasi adalah suatu kemampuan seseorang untuk menggunakan potensi dan keterampilan dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan aktivitas membaca dan menulis.Pendapat lain mengatakan bahwa pengertian literasi adalah suatu kemampuan individu dalam mengolah dan memahami informasi ketika melakukan kegiatan membaca dan menulis. Dengan kata lain, literasi adalah seperangkat keterampilan dan kemampuan seseorang dalam membaca, menulis, berhitung, serta memecahkan masalah dalam kehidupannya sehari-hari.
Secara etimologis, istilah literasi berasal dari bahasa Latin ‘literatus’ dimana artinya adalah orang yang belajar. Dalam hal ini, arti literasi sangat berhubungan dengan proses membaca dan menulis.
Tujuan Literasi 
Setelah memahami apa pengertian literasi, tentunya kita sudah punya gambaran mengenai tujuan literasi. Adapun beberapa tujuan literasi adalah sebagai berikut:
  1. Membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat dengan cara membaca berbagai informasi bermanfaat.
  2. Membantu meningkatkan tingkat pemahaman seseorang dalam mengambil kesimpulan dari informasi yang dibaca.
  3. Meningkatkan kemampuan seseorang dalam memberikan penilaian kritis terhadap suatu karya tulis.
  4. Membantu menumbuhkan dan mengembangkan budi pekerti yang baik di dalam diri seseorang.
  5. Meningkatkan nilai kepribadian seseorang melalui kegiatan membaca dan menulis.
  6. Menumbuhkan dan mengembangkan budaya literasi di tengah-tengah masyarakat secara luas.
  7. Membantu meningkatkan kualitas penggunaan waktu seseorang sehingga lebih bermanfaat.
Berdasarkan jenisnya, Literasi dibagi menjadi 5 yakni antara lain :
• Literasi Dasar
Literasi dasar adalah kemampuan untuk membaca, mendengarkan, berbicara, menulis dan menghitung. Literasi dasar bertujuan untuk mengoptimalkan dan meningkatkan dalam hal menulis, membaca, berbicara, menghitung dan mendengarkan.
• Literasi Perpustakaan 
Literasi perpustakaan adalah kemampuan lanjutan untuk mengoptimalkan literasi perpustakaan yang ada. Literasi perpustakaan yakni terdiri dari memberikan pemahaman mengenai cara untuk membedakan antara cerita non fiksi dan cerita fiksi, memahami penggunaan katalog dan indeks serta mempunyai pengetahuan dalam memahami informasi ketika sedang menyelesaikan sebuah tulisan, penelitian dll.
• Literasi Visual
Literasi visual adalah pemahaman yang lebih antara literasi media dan literasi teknologi yang mengembangkannya dengan cara memanfaatkan materi visual. 
• Literasi Media
Literasi media merupakan kemampuan untuk mengetahui berbagai bentuk media yang berbeda seperti media cetak, media elektronik dll dan dapat mengerti penggunaan dari masing-masing media yang ada tersebut.
• Literasi Teknologi
Literasi teknologi adalah suatu kemampuan untuk memahami kelengkapan dalam suatu teknologi seperti hardware dan software, memahami cara mengakses internet dan mengerti etika yang berlaku dalam penggunaan teknologi.

Untuk program literasi yang kita laksanakan di English Class,  peserta didik membaca salah satu cerita berbahasa inggris.
Kemudian, buatlah resume dari apa yang sudah dibaca, dengan meng-klik link di bawah ini

http://spendutaliterasi.brayas.com/

Untuk bahan bacaan bisa klik link di bawah ini.

https://borneochannel.com/cerita-pendek-cerpen-dalam-bahasa-inggris-dan-artinya/

https://www.ef.co.id/englishfirst/efblog/cerita-anak-bahasa-inggris/

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kesepakatan kelas Bahasa Inggris Kelas 8A

Untuk membangun budaya sekolah yang positif, bisa diawali dengan membuat kesepakatan kelas dengan siswa. Hal tersebut biasanya dilakukan pada awal tahun ajaran baru. Kesepakatan kelas adalah potret pendekatan yang lebih mengedepankan peran aktif siswa sebagai subjek pendidikan, sehingga setiap pendapat siswa perlu dihargai. Lewat kesepakatan kelas, anak-anak sekaligus belajar tentang nilai-nilai demokrasi, serta pentingnya bertanggung jawab terhadap kesepakatan yang mereka buat sendiri. PRINSIP-PRINSIP KESEPAKATAN 1.      Melibatkan semua pihak 2.     Memuat nilai yang dianggap penting 3.     Dipahami oleh semua pihak 4.     Singkat 5.     Dibuat tertulis dan mudah diakses sewaktu-waktu 6.     Komitmen dan konsisten 7.     Evaluasi berkala PROSES PEMBUATAN KESEPAKATAN KELAS 1.      Mengundang siswa hadir pada meeting melalui google meet. 2.      Siswa diundang untuk menghadiri Google meet melalui whats app grup pada jam yang sudah sepakati.  3.      Melibatkan siswa dalam

Simple Past Tense

Apa itu Simple Past Tense ?? Simple Past Tense merupakan tenses yang digunakan untuk menyatakan  kejadian yang terjadi di masa lampau dan telah berakhir di masa lampau . Terdapat perbedaan dengan Past Continous Tense, yakni menyatakan kejadian yang terjadi di masa lampau, namun masih terjadi di masa sekarang. Dalam Simple Past Tense, kata kerja / verb yang digunakan merupakan bentuk kata kerja kedua. Terdapat 2 jenis kata kerja / Verb, yakni Regular Verb dan Irregular Verb. Untuk regular verb, tambahkan  -ed   /   -d   dibelakang setelah kata kerja bentuk pertama. Sebagai contoh : Stay -> stayed (Tinggal) Write -> Writed (Menulis) Touch -> Touched (Menyentuh) Untuk Irregular verb , termasuk didalamnya to be, bentuk kata kerja keduanya sangat berbeda. Sebagai contoh : Eat -> ate (Makan) Begin -> Began (Memulai) Drink -> Drank (Minum) Namun, ada sebagian Irregular verb yang memiliki bentuk kata kerja yang sama dengan bentuk kata kerja dasarnya. Seb